LOMBA KOMPETENSI SISWA (LKS) TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2024

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur ke-32 Tahun 2024 diadakan pada tanggal 23 hingga 26 April 2024 di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Madiun. Acara tahunan ini merupakan salah satu upaya dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk meningkatkan semangat berprestasi di kalangan siswa SMK. Selain itu, LKS SMK bertujuan mempromosikan lulusan SMK kepada dunia usaha, industri, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya.

Pada tahun ini, LKS SMK Provinsi Jawa Timur 2024 akan mempertandingkan 54 jenis keahlian yang mencakup berbagai bidang, seperti Teknologi Konstruksi dan Bangunan, Teknologi Manufaktur dan Rekayasa, Energi dan Pertambangan, Teknologi Informasi, Kesehatan dan Pekerjaan Sosial, Agribisnis dan Agriteknologi, Kemaritiman, Bisnis dan Manajemen, Pariwisata, Seni, dan Ekonomi Kreatif.

Pada tahun ini SMKN 1 Batu mengirimkan 6 peserta LKS yang masing-masing didampingi 1 guru pembimbing, mereka adalah:

  1. Adelia Fitriani Hidayat (XI KC 1) Bidang lomba Beauty Therapy
  2. Ailla Dea Paramita (XI KC 1) Bidang Lomba Hairdressing
  3. Fanelta Laudia Risma F. (XI DPB 1) Bidang Lomba Fashion Technology
  4. Syafira Cahyani Putri (XI Kuliner 3) Bidang lomba Culinary
  5. Desi Agitya (XI Kuliner 1) Bidang Lomba Restaurant Service
  6. Sulistyani (XI PH 3) Bidang Lomba Hotel Reception

Setelah melewati berbagai tahapan kompetisi, kontingen SMKN 1 Batu berhasil meraih prestasi gemilang. Mereka memenangkan Juara 2 dalam bidang lomba Fishery Culinary dan Juara 3 dalam bidang lomba Fashion Technology.

Melalui Lomba Kompetensi Siswa (LKS) ini, siswa SMK tidak hanya dibekali dengan karakter kerja yang baik, tetapi juga kompetensi yang memenuhi standar Nasional dan Internasional. Lulusan SMK diharapkan memiliki keterampilan dasar yang meliputi hardskill dan softskill, seperti kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, memecahkan masalah, berinteraksi, serta bekerja sama secara efektif dengan pihak lain. Selain itu, mereka juga harus memiliki karakter yang tangguh, mandiri, bertanggung jawab, kreatif, dan berjiwa wirausaha.

Kegiatan LKS ini juga membuka peluang bagi dunia usaha dan industri untuk merekrut tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan mereka, menjadikan acara ini tidak hanya sebagai ajang kompetisi, tetapi juga sebagai jembatan antara pendidikan dan dunia kerja. Prestasi yang membanggakan ini diharapkan dapat memotivasi siswa SMK lainnya untuk terus berusaha menjadi yang terbaik. Mereka diharapkan memiliki keunggulan dalam bidang keahlian yang dikuasai, kemampuan hardskill dan softskill, serta karakter yang tangguh untuk berkontribusi dalam pembangunan menuju Indonesia Hebat. Para pemenang adalah mereka yang memiliki kompetensi tinggi, produktif dalam berkarya, dan mampu mencari solusi dari setiap tantangan yang dihadapi. Selamat dan terima kasih kepada seluruh perwakilan SMKN 1 Batu, semoga di tahun-tahun mendatang dapat meraih prestasi yang lebih gemilang.

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest Comments

No comments to show.