Peningkatan Kompetensi Siswa dalam Pembuatan Batik Khas Batu di Anjani Batik

Kompetensi Keahlian Desain dan Produksi Busana Kelas XI menggelar acara pembelajaran yang tak terlupakan di Anjani Batik pada tanggal 25 Januari 2024. Kegiatan ini tidak hanya menjadi peluang bagi siswa untuk mendalami seni Batik Tulis, tetapi juga sebagai wujud nyata dalam mengangkat dan melestarikan kekayaan budaya lokal. Dengan bangga, kami melibatkan pembatik-pembatik handal dari Batu untuk ikut serta dalam mendukung kegiatan ini. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Batu Bapak Joko Santoso S.Pd, MT dan Bapak Andik tim dari Anjani Batik sebagai pemateri.

Sebanyak 45 siswa dipersiapkan untuk menjelajahi keindahan proses membatik, mulai dari pukul 09.00 hingga 14.00 WIB. Dalam sesi ini, mereka akan terlibat langsung dalam proses membatik kisah budaya lewat motif Batik Banteng yang menjadi kebanggaan Batik Anjani. Kami dengan bangga memilih motif Batik Banteng, representasi kuat dari keberanian dan ketangguhan, yang diproduksi oleh Anjani Batik sebagai landasan kreatifitas siswa kami. Proses belajar ini bertujuan memberikan peningkatan kompetensi siswa dalam dunia batik tulis, menciptakan karya-karya unik yang memancarkan keindahan dan keaslian batik khas Batu. Semoga pengalaman ini tidak hanya memberikan peningkatan kompetensi, tetapi juga memperkuat rasa cinta dan kepedulian terhadap warisan nenek moyang kita.

Dengan melibatkan para pembatik lokal yang berpengalaman, kami tidak hanya memastikan kelancaran kegiatan, tetapi juga memberikan dukungan nyata kepada komunitas batik lokal. Ini adalah langkah kami untuk mempertahankan dan memajukan kekayaan budaya Batu dalam dunia desain dan produksi busana. Mari bersama-sama menyaksikan lahirnya karya-karya spektakuler dari para siswa kami, karena setiap sapuan kuas mereka membawa cerita Batu yang begitu mendalam. Semoga pengalaman ini tidak hanya memberikan peningkatan kompetensi, tetapi juga memperkuat rasa cinta dan kepedulian terhadap warisan nenek moyang kita.

 

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest Comments

No comments to show.