In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka SMK Pusat Keunggulan

In House Training (IHT) salah satu kegiatan bidang komite pembelajaran sebagai pendukung program sekolah pusat keunggulan (SMK PK)  SMK Negeri 1 Batu. IHT adalah pelatihan internal sekolah untuk meningkatkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Pendidik. Selama periode 23 Oktober hingga 3 November 2023, telah diadakan In House Training (IHT) selama 10 hari sebagai kelanjutan dari Pelatihan Komite Pembelajaran pada Program SMK Pusat Keunggulan. Kegiatan ini dijalankan oleh para peserta Pelatihan Komite Pembelajaran pada Program SMK Pusat Keunggulan dan melibatkan partisipasi seluruh guru. IHT ini merupakan langkah strategis dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang diperlukan untuk menerapkan perubahan dalam sistem pembelajaran di SMK Negeri 1 Batu, yang merupakan salah satu SMK Pusat Keunggulan.

IHT dimulai dengan acara pembukaan resmi yang dipimpin oleh Kepala Sekolah Bapak Joko Santoso, S.Pd, MT. dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Malang dan Kota batu Ibu Dr. Ema Sumiarti M.Si Selanjutnya, Pengantar Kepala Sekolah dilakukan dengan tujuan memberikan arahan kepada para guru agar mengikuti IHT dengan penuh keseriusan, sehingga mereka dapat memperoleh pengetahuan yang cukup untuk menerapkan kurikulum merdeka SMK Pusat Keunggulan.

Tujuan dari Kegiatan In-House Training (IHT) ini adalah peserta menerapkan filosofi pembelajaran yang memerdekakan, profil pelajar Pancasila, dan implikasinya dalam pembelajaran.

Setelah mengikuti IHT, peserta diharapkan mampu merefleksikan pembelajaran kurikulum merdeka.
a. Mengidentifikasi komponen kerangka kurikulum dan peranan pemangku kepentingan dari tingkat pusat sampai satuan pendidikan dalam menciptakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik;
b. Mengidentifikasi rasional, tujuan dan elemen capaian pembelajaran pada berbagai matapelajaran yang diampu, mengaitkan peranan capaian pembelajaran sesuai dengan tingkat pencapaian siswa (kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajar sesuai dengan fase perkembangan anak);
c. Mengidentifikasi keterkaitan antara profil lulusan dengan visi dan misi sekolah, program dan pembelajaran di kelas, menginvestigasi sumber daya dan tantangan wilayahnya untuk merancang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada satuan pendidikan;
d. Menerapkan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran (ATP) dan modul ajar dalam pengembangan ATP dan modul ajar serta sumber belajar yang dibutuhkan untuk mendukung penerapannya;
e. Menggunakan TIK dalam bidang pendidikan dan pembelajaran, cara mengakses platform digital, platform sumber daya sekolah, platform guru, dan platform rapor pendidikan.

This slideshow requires JavaScript.

Kegiatan In House Training (IHT) implementasi kurikulum merdeka SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) ini di hadiri oleh seluruh bapak dan ibu guru sebagai peserta, Ibu Sri Murnasih, S,Pd.,M,Pd pengawas SMK Negeri 1 Batu, Bapak Agus Riyadi, S.Tr.Par.,M.Sc.,Ph.D,CHIA Dosen Trisakti Institute of Tourism dan bersama 7 guru PKP sebagai pemateri. 

Pelaksanaan IHT berjalan lancar. Harapannya, melalui IHT Kurikulum Merdeka SMK PK ini, para guru di SMK Negeri 1 Batu dapat berhasil menerapkan Kurikulum Merdeka dan menyampaikannya kepada para peserta didik secara optimal.

 

 

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest Comments

No comments to show.