VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH

Terwujudnya lulusan yang berimtaq, terampil, mandiri, memiliki kecakapan hidup abad 21, siap bekerja, melanjutkan studi, dan berwirausaha.

  1. Menanamkan iman, takwa, dan akhlak mulia melalui pembiasaan sikap religius dan penguatan pendidikan karakter dalam setiap kegiatan pembelajaran maupun kehidupan sekolah.
  2. Menyelenggarakan pembelajaran dan praktik industri berbasis SKKNI untuk membekali murid dengan keterampilan sesuai konsentrasi keahlian.
  3. Mengembangkan kemandirian murid melalui pembelajaran berbasis proyek, pengalaman kerja nyata, kegiatan kokurikuler, dan ekstrakurikuler yang mendorong tanggung jawab serta kepemimpinan.
  4. Membekali murid dengan kecakapan hidup abad 21 (berpikir kritis, kreatif, komunikatif, kolaboratif, dan literasi digital) agar mampu bersaing di era global.
  5. Meningkatkan kemitraan dengan dunia usaha, dunia industri, dan perguruan tinggi untuk memperluas peluang murid dalam bekerja, melanjutkan studi, dan mengembangkan karier.
  6. Mendorong jiwa wirausaha murid melalui inkubator bisnis, pelatihan kewirausahaan, serta pembiasaan menghasilkan produk/jasa bernilai jual.
TujuanIndikator Capaian
Murid menunjukkan perilaku religius, beriman dan bertakwa dalam keseharian di sekolah100% murid rutin mengikuti kegiatan religius (doa bersama, ibadah, pembiasaan sikap)
Murid menunjukkan perilaku hidup sehat dan disiplin 100% murid mengikuti aktivitas sehat harian
Murid menguasai keterampilan sesuai konsentrasi keahlian berbasis SKKNI80% murid mencapai standar kompetensi minimal dalam uji kompetensi keahlian (UKK)
Murid mampu bekerja sama, mandiri, dan menunjukkan kepemimpinan dalam proyek sekolahSetiap kelas menghasilkan minimal 1 proyek berbasis tim dengan laporan portofolio
Murid memiliki kecakapan abad 21 (4C: Critical Thinking, Creativity, Communication, Collaboration)80% murid menunjukkan peningkatan hasil asesmen proyek abad 21 (rubrik 4C)
Murid terlibat aktif dalam kegiatan magang/PKL di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI)100% murid kelas XII melaksanakan PKL minimal 6 bulan
Murid mengembangkan produk/jasa bernilai ekonomi melalui pembelajaran dan unit usaha sekolahSetiap konsentrasi keahlian menghasilkan minimal 2 produk/jasa dipasarkan melalui unit usaha sekolah
Lulusan siap bersaing untuk bekerja, melanjutkan studi, atau berwirausaha80% lulusan terserap di dunia kerja, perguruan tinggi, atau usaha mandiri dalam waktu 6 bulan setelah lulus
Guru dan tenaga kependidikan meningkatkan kompetensi pedagogik dan vokasi berbasis industri≥80% guru dan tenaga kependidikan mengikuti pelatihan/sertifikasi sesuai konsentrasi keahlian setiap tahun